Rematik merupakan satu kondisi terganggunya imunitas tubuh sehingga menyerang sel dan jaringan tubuh itu sendiri. Rematik akan menimbulkan rasa nyeri yang menyiksa pada penderitanya. Selain itu, rematik juga bisa menimbulkan benjolan dan juga bengkak yang membuat kondisi tidak nyaman. Kondisi terburuk dapat membuat  penderita rematik lumpuh. Rematik sebenarnya tidak dapat disembuhkan secara total karena penyakit ini tergolong menahun dan berkembang lama di tubuh penderita. Namun, bukan berarti efek dari penyakit ini tidak dapat dikurangi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek dari penyakit rematik. Berikut ini adalah 3 obat tradisional untuk rematik.

1.  Obat Tradisional dengan Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing dipercaya mampu mengobati rematik. Untuk membuat  ramuan dari kumis kucing, kamu cukup mengambil lima lembar daun kumis kucing. Setelah itu, petik daun kumis kucing sampai terpisah dengan tangkainya. Rebus daun kumis kucing ke dalam baskom berisi air secukupnya. Jangan lupa untuk mencampur dengan lima lembar daun meniran lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu, jangan langsung diangkat setelah mendidih. Tunggu hingga air didihan tersisa hingga setenganya.

Diamkan terlebih dahulu air rebusan hingga dingin. Minum rebusan daun kumis kucing dan daun meniran ini tiga kali sehari. Lakukan setiap hari hingga efek dari rematik berkurang. Ramuan daun kumis kucing dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan karena rematik. Selama masih merasakan nyeri karena rematik, jangan pernah mengurut persendian karena ini hanya akan membuat sendi semakin bertambah parah.

3-obat-tradisional-untuk-rematik-3

2.  Obat Tradisional dengan Bawang Merah dan Jahe

Mengobati rematik juga bisa dibuat dengan ramuan bawang merah dan jahe. Caranya, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan, seperti bawang merah sebanyak lima butir, jahe sebanyak dua butir, tepung terigu sebanyak satu gelas kecil, dan air yang sudah masak secukupnya. Untuk membuat ramuan ini, kamu cukup menumbuk bawang merah bersama jahe hingga halus. Setelah halus, tambahkan tepung terigu dan air secukupnya.

Setelah semua tercampur, remas bahan-bahan tersebut hingga benar-benar tercampur rata. Untuk mendapat khasiat dari ramuan ini, kamu cukup mengoleskan atau menggosokkannya sambil dipijat pelan-pelan pada bagian sendi yang sakit. Selain itu, penderita rematik juga disarankan untuk mandi air hangat setiap pagi dan sore untuk meredam rasa nyeri akibat rematik.

3.  Makan Buah dan Sayur yang Banyak

Jika kamu pernah mendengar ungkapan “makananmu adalah obatmu”, maka kamu tentu paham dengan manfaat buah dan sayur. Mengonsumsi buah dan sayur secara rutin ternyata juga bisa mengobati rematik. Beberapa jenis buah yang sudah terbukti secara ilmiah mampu menyembuhkan rematik diantaranya adalah buah semangka, alpukat, strawberry. apel, dan asparagus. Selain itu, beberapa jenis sayuran juga bisa membantu mengurangi efek nyeri dari rematik.

3-obat-tradisional-untuk-rematik-1

Be Sociable, Share!