Anak adalah aset kehidupan yang sangat bernilai. Bila anak sehat, Anda akan selalu bahagia dan masa depan Anda akan terjamin. Namun, seringkali untuk mengontrol kesehatan anak begitu sulitnya karena kurangnya pengetahuan kita sebagai orangtua akan gizi dan makanan-makanan di sekitar. Apa yang mungkin sering anak Anda makan atau sekadar nyemil, bisa jadi makanan tersebut tidak baik untuk kesehatannya.

Tugas orangtua lah untuk mengontrol asupan-asupan tersebut. Berikanlah bekal yang baik dan menyehatkan ketika si kecil mau berangkat sekolah. Akan tetapi jangan salah juga memberikan bekal yang malah mungkin sama saja atau lebih buruk dari jajanan-jajanan yang ada di sekolah. Berikut makanan-makanan yang sebaiknya dihindari oleh anak demi kesehatannya.

1. Sereal Sarapan Anak

10 Makanan yang Tidak Baik untuk Anak

Sudah sejak lama sereal begitu familiar di kalangan anak-anak. Iklan-iklan sereal yang bermunculan di televisi semakin menarik hati anak-anak untuk segera merengek meminta dibelikan pada orangtuanya. Kalau sudah begitu, segera ganti channel televisi Anda bila iklan sereal tersebut muncul. Kenapa? Karena tidak semua sereal sarapan anak tersebut sesehat yang Anda bayangkan untuk dikonsumsi anak. Di kotak kemasan mungkin dicantumkan bahwa sereal-sereal ini mengandung banyak vitamin dan mineral, tetapi Anda harus perhatikan kadar gula dan komposisi per porsinya. Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan anak.

Untuk itu bila Anda ingin membeli sereal, pertimbangkan setidaknya yang mengandung 3 gram serat per porsi dan mengandung gula kurang dari 10 gram. Berikan sereal terbaik yang mengandung oatmeal, tinggi serat, vitamin dan mineral. Anda juga dapat menambahkan buah-buahan dan mencampurkannya dengan yoghurt. Dijamin anak Anda akan suka tanpa harus mengesampingkan kesehatannya.

2. Granola Bar

10 Makanan yang Tidak Baik untuk Anak

Lagi-lagi snack yang harus dianggap tidak menyehatkan ini dikarenakan banyak kandungan gula di dalamnya. Selain itu ada juga chocolate chip, marshmallow, permen, sirup berfruktosa tinggi dan pewarna buatan. Tentunya komposisi yang tidak baik untuk tubuh anak. Daripada memberikan granola bar, lebih baik Anda berikan semacam bar yang menyehatkan dengan bahan-bahan alami seperti kacang almond, kismis, kacang, sereal gandum, madu dan buah-buahan.

3. Sandwich Isi Daging

10 Makanan yang Tidak Baik untuk Anak

Hati-hati lagi dalam memberikan sandwich daging untuk bekal makan siang si kecil. Daging bologna, daging asap atau daging sapi panggang bisa berbahaya bila Anda memberikannya hampir setiap hari untuk anak Anda. Makanan-makanan ini bisa berbahaya dan beracun untuknya. Perhatikan juga apakah daging-daging yang Anda beli mengandung nitrat untuk mencegah meningkatnya resiko penyakit jantung dan kanker di kemudian hari.

4. Snack Cakes

10 Makanan yang Tidak Baik untuk Anak

Perhatikan snack cake yang anak Anda konsumsi karena banyak yang mengandung lemak tidak menyehatkan. Daripada memberikan yang tidak sehat seperti ini, lebih baik berikan buah-buahan kecil tetapi lebih menyehatkan.

5. French Fries

10 Makanan yang Tidak Baik untuk Anak

French Fries atau kentang goreng olahan resto-resto fast food pasti banyak disukai oleh anak-anak. Hindari makanan ini sesering mungkin dimakan oleh anak Anda karena dapat membuat kenaikan berat badan yang tidak stabil dan kebiasaan makan yang tidak sehat nantinya. Kalau memang anak Anda sangat menginginkannya, berikanlah setidaknya beberapa minggu sekali saja dan jangan dijadikan sebagai makanan utama. Karena selain karena nilai gizinya yang rendah, French Fries juga tinggi lemak dan sodium.

6. Pizza

10 Makanan yang Tidak Baik untuk Anak

Jangan biasakan lagi beli pizza karena anak Anda pasti akan penasaran dan ingin mencicipinya juga. Masalahnya banyak kandungan dalam pizza tersebut yang tidak baik untuk anak (untuk Anda juga pastinya).

7. Jus dalam Kemasan

10 Makanan yang Tidak Baik untuk Anak

Jus-jus dalam kemasan tidaklah sesehat jus yang langsung dibuat dari buah-buahannya. Jus-jus ini pun mengandung nilai gizi yang rendah selain kandungan gula dan sedikit serat dan vitamin yang dikandungnya. Ada baiknya membuat jus sendiri yang terdiri dari buah-buahan yang dapat Anda campur sendiri dengan yoghurt dan es.

8. Cracker

10 Makanan yang Tidak Baik untuk Anak

Makanan-makanan seperti cracker, keripik dan kue-kue kering tidak baik untuk anak. Kalaupun mau, cracker dapat dijadikan makanan selingan saja. Keripik tidak memberikan nilai gizi apa-apa karena nilai gizinya juga tidak seimbang, memberikan rasa kenyang, kadar gula dan garamnya tinggi dan kebanyakan mengandung MSG agar rasanya gurih.

9. Soda

10 Makanan yang Tidak Baik untuk Anak

Soda tidak baik untuk diminum anak kecil bila diberikan sering-sering. Soda dapat mempengaruhi ukuran pinggang si kecil dan merusak giginya. Bahkan soda untuk diet pun patut dihindari karena pemanis buatan yang dikandungnya.

10. Fruit Snack

10 Makanan yang Tidak Baik untuk Anak

Jangan dikira ada embel-embel buah-buahannya, makanan jenis ini menyehatkan untuk anak-anak. Permen buah ini sebenarnya tidak mengandung kandungan yang ada di buah sebenarnya. Kebanyakan produk-produk ini sebenarnya hanyalah permen biasa yang berkedok permen kesehatan. Jangan tertipu. Lebih baik berikan buah-buahan asli saja pada anak Anda.

Sumber: Activebeat.com

Be Sociable, Share!