49. Berbagai Jenis KB dan Efeknya Bagi Tubuh

Anda tentunya menginginkan jarak umur yang ideal antara anak pertama dan anak kedua Anda. Jarak yang terlalu dekat seringkali menimbulkan frustasi bagi orang tua, terutama sang ibu. Selain biaya persalinan dan biaya hidup anak yang semakin besar, jarak anak yang terlalu dekat juga sangat merepotkan. Saat sang kakak belum terlalu dewasa, ia justru akan menganggap sang adik sebagai saingan dan malah menjauhinya. Selain itu, sang kakak akan mendapatkan kasih sayang yang kurang saat sang adik lahir yang biasanya akan berdampak hingga sang kakak besar nanti.

Dampak KB Variatif

Untuk itu, keberadaan KB (Keluarga Berencana) disambut dengan antusias oleh para pasangan suami istri di negara kita. Selain dapat mengatur jarak anak, para pasutri ini juga tetap dapat mempertahankan keharmonisan rumah tangga mereka tanpa perlu khawatir kebobolan alias hamil. Namun demikian, KB merupakan ramuan ciptaan manusia sehingga KB juga memiliki dampak yang tidak selalu positif. Selain dampak yang diakibatkan, KB juga tidak selalu menjamin pemakainya untuk tidak memiliki anak. Beberapa kasus membuktikan mereka tetap dapat hamil selama menggunakan KB.

Berbagai Jenis KB dan Efeknya

49. Berbagai Jenis KB dan Efeknya Bagi Tubuh-1

Berikut ini beberapa jenis KB yang perlu Anda ketahui :

1. Cincin vagina

Cincin vagina ini merupakan jenis KB yang banyak dilakukan oleh para wanita. Pencegahan kehamilan dilakukan dengan menerapkan cincin vagina pada area dinding Rahim. Cincin vagina ini berukuran kecil hanya sekitar 5 cm saja. Setelah pemakaian satu bulan, cincin ini biasanya dilepas dan sang wanita bisa mendapatkan haid kembali. Pemasangan cincin vagina ini harus mendapatkan rekomendasi dari dokter. Adapun efek dari penggunakan KB jenis cincin vagina adalah sering terjadinya infeksi vagina yang dapat sembuh setelah beberapa bulan.

2. Pil KB

Jenis KB yang satu ini juga memiliki banyak peminat. Pasalnya, jenis KB ini tergolong mudah, yakni hanya dengan menggunakan pil saja. Pil KB bekerja dalam tubuh dengan cara mengeluarkan hormone estrogen dan progesterone, mengentalkan lendir serviks sehingga sulit ditembus sperma dan mencegah ovulasi. Selain mudah dipakai karena tinggal diminum, pil KB juga relative murah dan mudah didapatkan. Namun seperti layaknya jenis KB lainnya, pemakaian pil KB dapat berefek seperti naiknya berat badan, pusing, mual muntah, dan sebagainya.

3. Sterilisasi

Pilihan KB sterilisasi merupakan pilihan terakhir yang dipilih baik pria atau wanita yang sudah tidak ingin memiliki keturunan. Dengan sterilisasi, seorang wanita tidak akan dapat hamil (tubektomi) dan seorang pria sudah tidak dapat menghasilkan sel sperma (vasektomi). Tentu saja metode KB ini biasanya diambil mereka yang sudah memiliki banyak anak, cukup umur, dan terkena penyakit tertentu.

4. Kondom perempuan

Jenis kondom perempuan ini merupakan jenis KB yang paling mudah dilakukan. Cukup dengan memasang kondom sebelum berhubungan intim, sel sperma pria tidak akan dapat menembus dinding rahim.

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!