Siapa tak kenal kurma? Tentu hampir semua orang, termasuk anda, mengenal buah dari kawasan timur tengah ini. Kurma memang menjadi sangat dicari di kala bulan puasa seperti ini. Kurma memang sangat tepat dikonsumsi saat sahur maupun buka puasa. Selain manis dan enak rasanya, ternyata kurma juga bagus untuk kesehatan anda.

Ada banyak sekali manfaat yang ada dalam kurma ini. Tak heran kalau di saat puasa seperti ini, konsumsi kurma menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga stamina dan juga kesehatan tubuh selama seharian penuh. Kandungan gizi yang ada dalam kurma sangatlah tinggi yang berfungsi memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh anda, jadi, jika anda masih ragu mengkonsumsi kurma, anda perlu tahu fakta-fakta mengenai khasiat dari buah manis ini.

Kurma-dan-Aneka-Ragam-Khasiatnya-bagi-Kesehatan-Tubuh-1

Manfaat Kurma dan Fakta Nilai Gizi dalam Kurma

Kurma mengandung vitamin dan mineral yang cukup tinggi dan bagus untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan akan vitamin A, kalsium , dan zat besi yang pastinya akan sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi, memperbaiki metabolisme lemak, sebagai penenang untuk syaraf, dan meningkatkan kesehatan kulit anda.

Selain vitamin A, kurma juga mengandung zat gula yang sangat tepat dikonsumsi saat berbuka puasa. Hal ini dikarenakan saat anda berbuka puasa, hal pertama yang diperlukan oleh tubuh adalah air dan gula. Kurma menjadi pilihan tepat karena zat gula yang ada di dalamnya mudah untuk diserap daripada makanan manis seperti kue.

Kurma segar atau juga disebut dengan ruthab juga bagus untuk ibu hamil dan dikala proses melahirkan dan paska melahirkan. Kurma segar ini memiliki kandungan hormon oxytocine yang dibutuhkan untuk membantu proses melahirkan dan juga menyusui. Kurma ini dapat membantu mencegah terjadinya pendarahan di kala melahirkan dan juga dapat mempercepat pemulihan setelah melahirkan. Selain itu, kurma ini dapat membantu anda meningkatkan produksi ASI.

Kandungan garam mineral yang ada dalam kurma juga dapat membantu menetralisir asam. Jadi, kurma ini juga sangat baik untuk menetralisir asam dalam perut dan baik untuk anda yang memiliki masalah asam lambung dan maag. Selain manfaat-manfaat kurma di atas, masih ada banyak sekali manfaat kurma lainnya. Beberapa di antaranya ialah memperkuat sel-sel usus, memperlancar saluran kemih, mencegah serangan stroke, dan sebagainya.

Cara Enak dan Tepat konsumsi Kurma

Kurma sebetulnya bisa dikonsumsi sesuka hati anda, misalnya dengan langsung memakannya. Untuk konsumsi kurma saat berbuka puasa, anda bisa mengkombinasikannya dengan secangkir teh manis hangat. Selain dengan cara dimakan secara langsung, anda juga bisa mengkonsumsi jus kurma ataupun sari kurma. Sari kurma sangat mudah ditemukan di pasaran sekarang ini dan bisa menjadi cara mudah memperoleh manfaat kurma. Kurma juga bisa dikonsumsi dengan mencampurnya dalam oatmeals. Untuk memperlancar saluran kemih, anda bisa merebus buah kurma dan meminum air serta buahnya.

Kurma-dan-Aneka-Ragam-Khasiatnya-bagi-Kesehatan-Tubuh-3

Be Sociable, Share!