Mungkin banyak anak muda jaman modern ini kurang familiar dengan berbagai rempah dan kegunaannya untuk tubuh kita. Kita hanya mencari mudah saja dengan mengkonsumsi semua yang telah siap untuk dikonsumsi termasuk suplemen tubuh. Dulu, temulawak menjadi salah satu pelarian para orang tua dalam menghadapi anak yang sulit makan. Biasanya anak-anak balita mengalami masa-masa di mana mereka tidak suka untuk makan dan belum memahami pentingnya makan, dan orang tua mereka memberikan jamu cekokan untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Bahan dari jamu yang di cekokkan ini biasanya adalah temulawak. Jika diberikan secara berkala dan rutin, jamu dari sari temulawak ini memang bisa membuat nafsu makan Anda membaik dan juga memberikan berbagai kebaikan kesehatan lainnya.

Manfaat-Rempah-Alami-Temulawak-3

Jika kita tidak percaya dengan bahan kimia karena selalu memberikan efek samping yang kurang baik, maka sebaiknya kita kembali lagi ke alam. Alam sudah menyediakan semuanya untuk kita. Tinggal bagaimana kita akan mengolahnya saja. Dan untuk meningkatkan nafsu makan ataupun mengatasi berbagai penyakit kronis yang menyerang hati, kita hanya tinggal mongkonsumsi temulawak. Ini telah dibuktikan langsung oleh para petugas medis di Fakultas Kedokteran UNAIR RSU Dr. Soetomo yang terletak di Surabaya. Melalui salah satu staf seniornya yang telah mengkhususkan diri pada urusan temulawak, yaitu dr Pangestu Adi, temulawak dapat membantu mengobati SGPT dan SGOT yang tingkatnya berada di atas normal. Virus-virus yang menyerang hati lainnya juga dapat diobati dengan temulawak. Ia membuktikannya dengan melakukan penelitian terhadap para penderita penyakit hati. Ia memberikan dosis sari temulawak sebanyak 230 mg sekali konsumsi kepada para penderita penyakit itu dan dalam waktu sekitar enam bulan, para penderita tersebut mengalami perbaikan yang signifikan. Dengan dosis sekali minum itu, terdapat komposisi zat kurkumin yang mencapai 25 mg dan juga minya atsiri sebanyak 94 mg.

Mengapa temulawak yang sering kita acuhkan ini memiliki fungsi yang cukup hebat? Ternyata, khasiatnya datang dari zat kuning dan rhizome yang ada di dalamnya. Zat kuning pada temulawak biasanya disebut juga dengan kurkumin dan kurkumin memiliki fungsi sebagai analgesic, anti pembengkakan dan juga antioksidan alami yang membuat zat ini berguna bagi banyak bagian tubuh, termasuk liver. Namun karena menyadari bahwa membuat sari temulawak dan meminumnya dalam keadaan seperti itu pastinya akan merepotkan banyak orang, maka dokter drĀ  RSU Dr. Soetomo itu membuatkan sari temulawak dalam bentuk kapsul yang mudah untuk dibawa ke mana-mana dan juga untuk dikonsumsi kapan saja. Ini juga akan memberikan kemudahan bagi mereka yang tidak menyukai rasa dari temulawak. Jika sudah dalam bentuk kapsul, rasa temulawak akan lebih ternetralisir.

Manfaat-Rempah-Alami-Temulawak-2

Be Sociable, Share!