68. Resiko Penyakit Untuk Bentuk Tubuh Apel

Apakah Anda termasuk orang dengan bentuk tubuh apel? Jika iya, maka Anda harus berhati-hati sebab berdasarkan hasil sebuah penelitian, seseorang yang memiliki bentuk tubuh apel tidak hanya memiliki resiko terhadap penyakit jantung dan kardiovaskular tetapi juga beresiko terhadap masalah ginjal. Orang dengan bentuk tubuh apel ciri-cirinya adalah bagian atas tubuh lebih besar daripada bagian bawah.

Bagian yang besar biasanya adalah perut dan dada sedangkan bagian paha cenderung kecil. Selain itu, ukuran bahu juga lebih lebar daripada ukuran bahu biasa. Orang dengan bentuk tubuh apel cenderung mengalami penumpukan lemak di daerah pinggang. Bentuk tubuh apel biasanya ditemukan pada laki-laki. Namun perempuan juga rentan mengembangkan bentuk tubuh ini pada usia pertengahan.

Bentuk Tubuh Apel Beresiko Terserang Ginjal

Berdasarkan informasi dari jurnal yang diterbitkan oleh The American Society of Nephrology, orang-orang dengan bentuk tubuh apel ditemukan memiliki tanda-tanda masalah ginjal sekalipun mereka yang merasa sehat. Oleh sebab itu, ahli dari Amerika Serikat menganjurkan agar orang-orang lebih peduli dengan kesehatan ginjal mereka sehingga dapat terhindar dari masalah ginjal. Berdasarkan informasi yang dilansir dari BBC, tim University Medical Center Groningen di Belanda melakukan penelitian yang melibatkan lebih dari 300 partisipan yang terdiri dari orang-orang dengan berat badan normal maupun berlebihan.

Hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa orang-orang yang memiliki bentuk tubuh apel atau rasio pinggang pinggulnya lebih tinggi memiliki fungi ginjal lebih rendah. Fungsi ginjal yang rendah berpengaruh pada aliran darah yang mengalir ke ginjal sehinggga aliran darah menjadi lebih sedikit dan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi pada ginjal. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang dalam keadaan sehat. Secara singkat dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang memiliki bentuk tubuh apel memiliki tekanan darah yang tinggi di bagian ginjal. Menurut Arjan Kwakernaak, ketua tim penelitian lebih lanjut mengatakan bahwa keadaannya bisa menjadi lebih parah jika mereka mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Cara Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Ginjal

68. Resiko Penyakit Untuk Bentuk Tubuh Apel-1

Untuk mengantisipasi naiknya tekanan darah pada ginjal, Anda dapat mengurangi penggunaan obat-obatan dan mengurangi kadar garam yang dikonsumsi. Juru bicara dari Kidney Research UK mengatakan bahwa mereka sebelumnya telah membagi bahwa orang-orang dengan bentuk tubuh apel dengan obesitas lebih beresiko terhadap penyakit kardiovaskular daripada mereka yang memiliki bentuk tubuh pir. Tetapi, hasil penelitian ini juga memperlihatkan bahwa bentuk tubuh apel dengan obesitas juga memiliki resiko pada ginjal. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan dan menghindari resiko ini, khususnya yang memiliki tubuh bentuk apel sebaiknya mulai memperhatikan upaya-upaya untuk menjaga fungsi ginjal.

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!