59. Waktu yang Paling Ideal untuk Berolahraga

Bagi mereka yang memiliki aktivitas super padat, tentu bukan hal yang mudah untuk mencari waktu luang dan berolahraga sebentar walaupun hanya melakukan beberapa gerakan peregangan ringan saja. Namun, Siapa sihyang tidak ingin sehat? Memiliki tubuh yang sehat tentu merupakan impian bagi setiap orang agar mereka dapat menjalani hari-harinya dengan maksimal dan mendapatkan setiap kesempatan yang terbaik dalam hidup mereka.

Seperti kata sebuah kutipan dari bahasa latin, “mens sana in corpore sano”. Ya, dalam raga yang sehat, tentu terdapat pula sebuah jiwa yang sehat. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup setiap orang. Untuk memiliki raga yang sehat, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa olahraga memang merupakan jalan terbaik untuk mewujudkannya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk berolahraga, ada baiknya Anda mengetahui waktu yang paling tepat untuk berolahraga terlebih dahulu.

Pagi Hari atau Malam Hari?

Kegiatan fisik seperti berolahraga mungkin memang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama Anda sendiri sanggup melakukannya karena sebenarnya, penetapan waktu yang paling tepat untuk berolahraga itu sendiri pun disesuaikan dengan tujuan yang menjadi motivasi bagi Anda untuk kemudian melakukannya.

Jika Anda ingin mendapat efek kesegaran yang maksimal dalam melakukan kegiatan Anda selama setidaknya 12 jam ke depan, ada baiknya Anda berolahraga di pagi hari. Udara yang segar pada pagi hari memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga di luar ruangan (outdoor sports) seperti jogging, jalan santai, dan beberapa olahraga permainan seperti bermain bola basket atau bulutangkis. Selain menyenangkan, melakukan olahraga di pagi hari juga dapat memberi manfaat lebih pada sirkulasi udara dalam paru-paru Anda.

Sebagian orang yang mengalami gangguan berupa insomnia atau susah tidur, disarankan untuk mencoba melakukan olahraga pada malam hari, tepatnya 4 jam sebelum waktu tidur Anda. Itu adalah waktu yang paling tepat untuk berolahraga di malam hari karena panas yang terkandung dalam tubuh seseorang setelah berolahraga umumnya menghasilkan keringat yang tentu saja tidak baik jika dibawa tidur.

Selain dapat menimbulkan rasa gatal, tidur dengan badan yang basah juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya seperti masuk angin. Sebaiknya, pada malam hari Anda berolahraga 4 jam sebelum waktu tidur Anda dengan catatan: Olahraga yang Anda lakukan tidak lebih dari 1 jam. Berolahragalah selama 1 jam, lalu istirahatlah sejenak untuk mengistirahatkan tubuh, mengeringkan keringat dan menstabilkan suhu tubuh kembali sebelum Anda mandi. Selain itu, setelah mandi pun jangan lupa untuk menyisihkan waktu 2 jam untuk bersantai sekedar sebagai relaksasi sebelum tidur.

Perhatikan Durasi Olahraga dan Peregangan

59. Waktu yang Paling Ideal untuk Berolahraga-1

Selain waktu yang paling tepat untuk berolahraga, masih ada lagi hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan klegiatan fisik seperti berolahraga. Pernah dengar tentang atlit atau orang-orang biasa yang mengalami cedera ketika mereka berolahraga? Sebagian besar memang mungkin hanya terkilir ketika berolahraga, namun pada skala yang lebih parah, ada juga yang mengalami cedera otot hingga harus menjalani operasi dan terapi berbulan-bulan untuk mengembalikan kondisinya seperti semula.

Hal ini seringkali terjadi karena kurang maksimalnya peregangan yang dilakukan sebelum berolahraga. Jadi, olahraga apapun sebenarnya sangat menyehatkan jika dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan diatas. Tetapi ingat, sebaiknya Anda jangan melakukan olahraga lebih dari 1 jam karena pada dasarnya setiap tubuh manusia tentu bukan mesin yang dapat diforsir terus-menerus, tubuh Anda juga butuh beristirahat. Jadi, sudah siapkah Anda untuk berolahraga hari ini?

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!