Penyakit hernia merupakan suatu kondisi keluarnya organ dalam tubuh dari selaput dinding yang membungkusnya. Penyakit ini bisa disebabkan karena terjadinya gangguan dalam organ, seperti tekanan yang sangat besar dari dalam serta terjadinya gangguan seperti batuk-batuk atau melebarnya organ sehingga turut mendesak selaput dinding pembatas organ.

Cara mencegah hernia ada bermacam-macam

Macam-Macam Penyakit Hernia

Penyakit hernia dibedakan menjadi beberapa jenis. Menurut terjadinya, hernia dibedakan menjadi hernia bawaan (kogenital) dan hernia bukan bawaan (akuista). Sementara itu, menurut lokasi terjadinya, hernia dibedakan menjadi hernia diafragma, hernia umbilical, dan hernia femoral. Hernia diagfragma terjadi di bagian diafragma, yaitu antara perut dengan rongga dada. Hernia umbilical terjadi pada pusar atau rongga perut bagian depan. Sementara itu, hernia femoral terjadi pada lipatan paha yang terjadi melalui anulus femonalis.

Cara-Mencegah-Penyakit-Hernia-2

Berbagai Cara Mencegah Hernia

Untuk mencegah penyakit hernia, ada beberapa cara mencegah hernia yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah timbulnya hernia.

1.  Menjaga kesehatan dan stamina tubuh dengan berolahraga

Menjaga kesehatan bisa mencegah hernia karena kondisi tubuh yang fit dan sehat akan menghindarkan kita dari berbagai jenis penyakit. Karenanya, jika Anda ingin terhindar dari hernia, rajin-rajinlah berolahraga dan tetap menjaga kebugaran tubuh agar tubuh selalu fit.

2.  Memperbanyak makanan berserat

Makanan berserat akan membantu melancarkan pencernaan dan menghindarkan organ-organ dalam perut untuk menekan selaput dinding pemisah organ. Selain itu, makanan berserat juga bisa melancarkan pencernaan yang juga menghindarkan diri Anda dari serangan penyakit hernia.

3.  Menghindari konstipasi (mengedan terus menerus)

Jika tidak ingin memiliki resiko terkena penyakit hernia, sebaiknya Anda meninggalkan kebiasaan Anda mengedan secara terus menerus. Kebiasaan mengedan, seperti meniup saxophone akan menyebabkan tekanan dan konstipasi pada organ bagian dalam dan menyebabkan lapisan dinding pemisah organ tertekan dari dalam dan meningkatkan resiko terkena hernia.

4.  Tidak mengangkat beban yang berat

Untuk menghindari penyakit hernia dengan menerapkan cara mencegah hernia, hindari untuk mengangkat beban berat. Selain itu, Anda juga bisa berusaha untuk selalu menjaga stamina tubuh agar ketika mengangkat beban, tubuh akan memanfaatkan energi dari otot-otot tangan dan tidak menimbulkan tekanan yang besar pada organ tubuh bagian dalam.

5.  Menghindari makanan yang menyebabkan batuk

Batuk-batuk juga bisa menyebabkan konstipasi pada organ diagfragma, untuk menghindarinya, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang menyebabkan batuk, seperti sirup, minuman dingin, keripik, gorengan atau makanan penyebab batuk yang lain.

6.  Mengenakan celana hernia

Celana hernia sebenarnya merupakan salah satu metode terapi sebagai cara mencegah hernia. Namun, untuk mencegah terjadinya hernia yang lebih parah, celana hernia bisa menjadi solusi terbaik untuk melakukan pencegahan. Pencegahan dengan celana hernia hanya bersifat sementara dan bermanfaat untuk mencegah agar hernia tidak membesar dan semakin parah.

Cara-Mencegah-Penyakit-Hernia-3

Be Sociable, Share!