Malaria bednet, Cambodia

Karena penyakit Malaria sudah dikenal sejak lama sebagai penyakit yang cukup mematikan jika tidak segera ditangani, maka kita sebagai orang-orang yang tanggap harus mulai mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang penyakit Malaria dan parasit yang menyebabkannya agar kita dapat melindungi keluarga kita dari nyamuk yang membawa parasit mematikan ini. Hal pertama yang harus kita cari tahu adalah cara-cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit Malaria itu sendiri. Berikut ini kami sajikan beberapa cara pencegahan yang sudah terbukti efektif untuk menurunkan tingkat penderita penyakit Malaria. Semoga bermanfaat.

Upaya Pencegahan Malaria

Sudah berbagai upaya yang coba dilakukan bertahun-tahun sebagai bagian dari proses pencegahan penyakit Malaria. Mulai dari lewat mengkonsumsi obat-obatan maupun berbagai cara pencegahan dari luar misalnya saja dengan memasang kelambu pada tempat yang digunakan untuk berisitirahat karena pada saat tidurlah nyamuk akan dengan leluasa menggigit dan menularkan parasit penyebab penyakit Malaria ini.

Namun berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, justru pencegahan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang biasanya digunakan untuk mengobati penderita penyakit Malaria lah yang ternyata lebih efektif daripada pencegahan dari luar. Hal ini dikarenakan obat-obat tersebut akan langsung dapat membunuh parasit yang sebenarnya masih sangat sensitif karena memang baru saja masuk dalam tubuh manusia sehingga masih memerlukan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi.

Daftar Obat Pencegah Penyakit Malaria

Jenis obat pertama yang bisa kita gunakan untuk mencegah penyakit Malaria adalah obat jenis Atovaquone atau Proguanil (Malarone). Ada beberapa alasan mengapa banyak orang memutuskan untuk menggunakan obat ini sebagai tahap pencegahan penyakit Malaria. Beberapa diantaranya adalah karena obat ini adalah obat yang sangat mudah untuk didapatkan di apotek umum, hampir tidak menimbulkan efek samping, dan juga dapat digunakan 1-2 hari sebelum kita melakukan perjalanan ke daerah epidemi Malaria karena obat ini mudah bereaksi jika dibandingkan dengan obat-obat jenis lainnya.

Jenis obat yang kedua adalah Klorokuin. Orang-orang memilih untuk menggunakan obat ini karena wanita hamil pun dapat menggunakan obat ini, dosis mingguan lebih disukai banyak orang, serta kita dapat menggunakannya satu minggu sekali terlebih jika ingin melakukan perjalanan panjang ke daerah epidemi Malaria. Namun ada juga sisi negatifnya yaitu kita tidak dapat menggunakan jenis obat ini pada daerah epidemi Malaria dimana plasmodium memang sudah mengembangkan kekebalan pada obat jenis ini.

Jenis obat selanjutnya adalah Doxycycline. Obat ini dapat kita minum 1-2 hari sebelum kita tiba di daerah epidemi dan menurut beberapa survei, obat jenis ini memang merupakan obat Malaria termurah di pasaran. Selain itu, Doxycyline juga dapat melindungi kita dari infeksi lainnya seperti Leptospirosis dan juga Rickettsiae.

Cara-Mudah-dan-Efektif-Mencegah-Penyakit-Malaria-3

Be Sociable, Share!