Hidup tidak sehat memang sangat sering dikaitkan dengan resiko mengalami berbagai macam penyakit. Kanker usus besar pun disinyalir terjadi akibat gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji, kurang mengkonsumsi makanan berserat, kurang minum air mineral, merokok, konsumsi minuman beralkohol, kurang olahraga, dan sebagainya. Para ahli percaya bahwa pola makan dan gaya hidup yang buruk dapat memicu timbulnya tumor atau benjolan pada usus besar dan berpotensi menyebabkan kanker usus besar atau kolorektal. Namun belakangan ini para ahli sedang meneliti kemungkinan lain sebagai penyebab kanker usus besar. Selain dari pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, ternyata bakteri pun dapat memicu penyakit kanker usus besar. Agar lebih jelas lagi mari kita pelajari sekilas tentang bakteri yang terdapat dalam usus besar manusia dan apakah benar bakteri dapat memicu perkembangan sel kanker di usus besar manusia.

fakta-lain-di-balik-penyebab-kanker-1

Fakta Menarik Seputar Usus

Usus besar manusia memiliki trilyunan bakteri. Bakter-bakteri ini memiliki fungsi kerja masing-masing, bahkan kita mengenal istilah bakteri baik dan bakteri jahat yang ada dalam usus besar kita. Tahukah anda bahwa bakteri sangat penting untuk menjaga ketahanan sistem imun seseorang? Bakteri baik dalam usus besar kita sangat membantu dalam menjaga ketahanan tubuh terhadap penyakit dan membantu penyerapan sari makanan. Namun tidak semua bakteri baik bagi tubuh. Bila anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat, maka perkembangbiakan bakteri jahat dalam usus besar juga akan semakin meningkat. Kanker usus pun disinyalir terjadi akibat salah satu dari bakteri jahat yang bernama Fusobacteria Nucleatum.

Fusobacteria Pemicu Kanker Usus?

Penelitian yang dimuat dalam jurnal ilmiah Cell Host & Microbe menyatakan bahwa beberapa ahli sedang meneliti kemungkinan besar Fusobacteria sebagai penyebab kanker usus besar. Ada dua penelitian yang berusaha mencari hubungan antara Fusobacteria dengan kanker usus besar yang terjadi pada manusia. Para ahli menemukan jumlah Fusobacteria di mulut pengidap kanker usus besar. Hal inilah yang mendorong para ahli untuk mengembangkan penelitian terkait Fusobacteria dan hubungannya dengan kanker usus besar. Pada penelitian yang dilakukan terhadap seekor tikus percobaan, Fusobacteria terbukti meningkatkan jumlah sel myeloid yang dapat mengubah tumor di usus besar menjadi sel-sel kanker mematikan. Penelitian masih terus berlanjut untuk membuktikan apakah benar Fusobacteria menjadi salah satu pemicu kanker usus besar selain gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Dari hasil diagnosa awal, para ahli telah berani mengambil kesimpulan bahwa Fusobacteria terbukti mampu memicu sel kanker di usus besar besar manusia. Namun penelitian lebih lanjut akan tetap dilakukan untuk hasil yang lebih akurat lagi. Hal terpenting lainnya yang sedang diteliti oleh para ahli adalah bagaimana cara menangani kanker usus besar pada manusia.

fakta-lain-dibalik-penyebab-kanker-3

Be Sociable, Share!