2.5 Posisi Duduk yang Berbahaya untuk Ibu Hamil2Saat sedang hamil, seorang wanita tentu diwajibkan untuk selalu memperhatikan posisi tidur, duduk, atau bahkan berjalan. Yang paling sulit dikendalikan adalah posisi saat duduk. Terkadang, jika wanita hamil duduk terlalu lama, mereka akan sering mengubah posisi duduk mereka. padahal, tidak semua posisi duduk aman untuk ibu hamil. Berikut ini adalah lima posisi duduk yang sangat disarankan untuk tidak dilakukan oleh wanita hamil.

  1. Duduk dengan Membungkuk

Saat sedang santai, wanita hamil cenderung membungkukkan badannya. Posisi duduk seperi ini biasanya terjadi saat wanita hamil duduk di lantai dengan membuka kaki dan menunduk sambil mengerjakan sesuatu. Padahal, posisi ini sangat berbahaya. Posisi ini bisa membuat sumsum tulang belakang semakin tersiksa. Posisi ini memungkinkan berat yang dialami tulang belakang menjadi bertambah dan bisa membahayakan syaraf yang melewatinya. Karenanya, wanita hamil disarankan untuk tidak duduk dengan posisi ini.

  1. Duduk dengan Kaki yang Menggantung

Terkadang, posisi kursi atau tempat duduk yang diduduki wanita hamil terlalu tinggi sehingga menyisakan ruang untuk kaki. Posisi ini akan membuat kaki menggantung. Posisi kaki yang menggantung ini akan meningkatkan aliran darah ke kaki. Saat hamil, wanita umumnya mengalami pembengkakan pada kaki. Dengan posisi duduk seperti ini, pembengkakan bisa bertambah parah.

2.5 Posisi Duduk yang Berbahaya untuk Ibu Hamil1

  1. Duduk tanpa Sandaran

Duduk dengan tanpa sandaran juga bisa berbahaya bagi wanita hamil. Duduk dengan posisi ini bisa membuat tulang punggung semakin tegang. Saat hamil, wanita terkadang juga merasakan nyeri pada punggung. Duduk dengan tanpa adanya sandaran akan membuat tulang punggung memiliki beban yang semakin berat. Hal ini tentu bisa membuat nyeri tulang punggung bisa bertambah parah. Karenanya, wanita hamil sebaiknya selalu duduk dengan sandaran. Selain bisa meringankan beban tulang belakang, posisi dengan sandaran juga nyaman bagi si bayi.

  1. Duduk dengan Tubuh Mendongak ke Depan

Posisi duduk dengan mendongak ke depan membuat tumpuan berat menjadi berpusat pada perut Anda. Hal ini sama saja dengan membebankan seluruh tubuh bagian atas Anda pada bayi. Ini tentu saja posisi yang sangat tidak nyaman bagi si bayi. Pada usia kehamilan yang sudah tua, kemungkinan tulang rusuk Anda akan menekan bayi dan bisa saja meninggalkan bekas yang permanen.

  1. Duduk Setengah-Setengah/Setengah Duduk

Duduk stengah-setengah juga tidak baik. Saat berada di tempat tidur, wanita hamil sering menyandarkan pantatnya setengah dan menyelonjorkan kakinya. posisi ini akan membuat sumsum tulang belakang semakin tertekan. Hal ini sering menjadi penyebab nyeri punggung selama masa kehamilan. Bahkan, jika posisi duduk ini sering dilakukan, nyeri punggung yang terjadi bisa berlangsung sangat lama dan bisa mengganggu kesehatan ibu hamil. Karenanya, biasakan wanita hamil untuk tidak duduk dengan posisi ini.

2.5 Posisi Duduk yang Berbahaya untuk Ibu Hamil3

Be Sociable, Share!