lemah kandungan

Permasalahan lemah kandungan merupakan masalah yang sering dialami oleh ibu-ibu hamil yang memiliki banyak sekali aktivitas setiap harinya. Namun demikian, masalah ini juga bisa menyerang siapapun jika sang ibu melakukan gaya hidup yang salah dan tidak tahu cara menjaga kesehatan janinnya dengan benar. Banyak sekali ibu yang lemah kandungan pada akhirnya harus menerima kenyataan bahwa bayi yang dikandungnya akan gugur. Harapan sang ibu untuk memiliki bayi yang lucu juga akan sirna selamanya karena masalah ini. Lemah kandungan yang berakhir dengan keguguran tentunya sangat berbahaya bagi sang ibu karena ini akan bisa mengakibatkan rasa sakit yang sangat luar biasa, diikuti dengan adanya stress yang berlebih nantinya. Belum lagi, sang ibu akan mengalami trauma yang berkepanjangan karena masalah tersebut.

Faktor yang Menyebabkan Lemah Kandungan

Anda perlu mengenali beberapa faktor yang bisa mengakibatkan seorang ibu memiliki janin yang lemah. Pertama adalah adanya kelainan kromosom yang ada pada tubuh sang ibu. Masalah yang satu ini terjadi pada saat proses pembuahan berlangsung. Embrio yang seharusnya lahir dengan normal, pada akhirnya tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik. Ini nantinya akan menyebabkan embrio tersebut menjadi cacat pada saat dikeluarkan oleh tubuh. Kedua, adanya kelainan sistem hormonal dalam diri sang ibu. Biasanya hormone yang bertanggungjawab dalam mengakibatkan kandungan ibu menjadi lemah adalah Hormon Prolaktin. Kelebihan dan kekurangan hormon ini akan menimbulkan hal yang negatif, salah satunya adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh dari sang ibu dan juga nantinya ibu akan menderita penyakit yang parah pada saat hamil.

5d lemah kandungan

Kelainan pada Rahim Memicu Lemah Kandungan

Ketiga, ada kelainan yang terjadi pada rahim sehingga memicu lemahnya kandungan pada sang ibu. Hal inilah yang paling umum terjadi, dan para ahli medis menyebut kelainan tersebut sebagai Miom atau adanya Tumor pada Jaringan Otot Janin sang ibu. Tumor ini kemudian akan mengganggu pertumbuhan embrio dari sang bayi yang dilahirkan nanti. Keadaan kandungan yang mengalami pelemahan ini biasanya akan berlangsung hingga akhir dari trimester pertama. Keempat, besar kemungkinan adanya infeksi dari virus TORCH yang mengakibatkan kandungan ibu hamil menjadi lemah.

Untuk bisa memiliki kandungan yang kuat, sang ibu sangat disarankan untuk banyak menghabiskan waktunya dengan beristirahat dan memakan makanan yang bergizi tinggi setiap harinya. Disamping itu, bagi sang ibu yang saat itu sedang memiliki pekerjaan, diharapkan cuti terlebih dahulu karena kondisi hamil tentunya akan berpengaruh dalam performa kerja nantinya, dan lebih parah lagi akan membahayakan janin yang dikandung sang ibu. Dengan melakukan beberapa hal diatas, Anda akan bisa terhindar dari masalah lemah kandungan. Harapan untuk memiliki momongan dengan cepat juga akan bisa segera terwujud. Biasakan diri Anda, sebagai ibu hamil, untuk melakukan hal-hal yang positif mulai dari sekarang.

 lemah kandungan

Be Sociable, Share!