Makanan memang penting bagi manusia dan juga bagi ibu hamil tentunya. Agar tetap sehat sampai saat melahirkan nanti, selama masa kehamilan seorang ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat yang memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan ibu hamil dan juga janin. Namun tidak semua makanan bisa dikonsumsi saat hamil. Mengapa? Hal ini dikarenakan ada beberapa makanan yang memang tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil karena dikhawatirkan mengandung beberapa jenis bakteri.

Bakteri-bakteri ini bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan ini yang harus benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap janin dan ibu hamil. Perlu kita ketahui bahwa kesehatan janin tergantung pada makanan yang dikonsumsi oleh ibunya, jadi jika memang tidak baik untuk dikonsumsi, sebaiknya tidak perlu mengkonsumsi makanan tersebut.

Hindari Makanan Ini Saat Hamil

Nah, untuk jenis makanannya sendiri, memang ada banyak jenis makanan yang harus dihindari demi kesehatan ibu dan janin seperti telur mentah ataupun setengah matang. Jangan salah sangka dulu dengan telur, jika dimasak dengan baik hingga matang, maka telur baik bagi ibu hamil dan janin. Telur yang tidak dimasak hingga matang atau mentah dikhawatirkan mengandung bakteri salmonella yang sangat berbahaya bagi kandungan. Selanjutnya adalah daging atau ikan mentah. Hampir sama dengan telur mentah, daging atau ikan yang dimakan tanpa melalui proses dimasak terlebih dahulu bisa sangat berbahaya bagi kesehatan janin dan ibu hamil karena kemungkinan mengandung bakteri toxoplasma dan salmonella.

Jadi, untuk ibu hamil penggemar sushi tampaknya harus sabar dulu ya. Bagi penyuka susu, jangan dulu mengkonsumsi susu yang non-pasteurisasi karena ditengarai membawa bakteri yang bernama Listeria yang juga ada dalam soft cheese. Dalam keju-keju impor yang banyak dijual di supermarket, dikhawatirkan bakteri Listeria juga terdapat didalamnya. Bakteri Listeria dianggap cukup berbahaya karena mampu menyebabkan pendarahan hingga mengalami keguguran. Bagi Anda yang suka mengkonsumi mayonnaise, custard, cream kue atau bahkan es krim homemade, sebaiknya Anda hindari saat masa kehamilan. Mengapa begitu? Hal ini karena telur mentah yang digunakan dalam membuat makanan-makanan tersebut.

Makanan dan Minuman yang Harus Dibatasi Konsumsinya

Selain makanan tersebut di atas, ada juga beberapa makanan dan minuman yang harus dibatasi konsumsinya saat hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Kopi adalah salah satunya karena kopi mengandung kafein. Nah, kafein akan sangat berbahaya jika dikonsumsi saat usia kehamilan baru pada trimester pertama. Menurut penelitian, kafein adalah zat yang mampu memicu untuk berkemih dan ini menyebabkan tubuh menjadi lemah, kekurangan kalsium dan juga mudah sekali dehidrasi. Memang masih memungkinkan untuk mengkonsumsi kafein namun dibatasi pada 300mg per hari agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

Semoga dengan mengetahui informasi seperti ini, Anda khususnya para ibu hamil dapat lebih berhati-hati lagi dan lebih cermat dalam memilih makanan.

Be Sociable, Share!