BANG YOS

Apa Itu Sunblock Wajah dan Manfaat Sunblock Wajah

Apa Itu Sunblock Wajah dan Manfaat Sunblock Wajah

 Apa Itu Sunblock Wajah dan Manfaat Sunblock Wajah

Apa Itu Sunblock Wajah dan Manfaat Sunblock Wajah - Tabir surya atau sering di kenal dengan sunblock merupakan suatu kandungan organik yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung atau penjelasan lebih mudahnya adalah sunblock ini merupakan cara untuk melindungi kulit kita dari bahaya radiasi yang di hasilkan dari sinar matahari.


Apa Itu Sunblock Wajah dan Manfaat Sunblock Wajah

Kulit kita yang dilapisi dengan sunblock akan terlindungi oleh paparan radiasi dari sinar matahari dan akan terpantul sebelum mengenai kulit kita sehingga tidak akan meresap ke dalam kulit.


Perlu di ketahui sinar UVA adalah sinar yang menyebabkan penuaan dini dan sinar UVB yang menyebabkan terbakarnya lapisan kulir luar.


Sunblock memiliki berbagai macam varian sesuai dengan jenis kulit, ada yang dalam bentuk lotion yang biasa di gunakan untuk kulit normal dan kulit berminyak. Untuk 2 jenis kulit tersebut sangat di anjurkan untuk memilih jenis lotion ini hal ini di karenakan kandungan air dalam lotion ini lebih tinggi dibandingkan kandungan minyak. Semua pasti pada tau kalau banyak minyak yang berlebih menutupi pori-pori serta menyumbat sehingga mengundang datangnya jerawat.


Sunblock bentuk krim sangat baik di gunakan untuk yang memiliki jenis kulit kering dan normal, karena sunblock jenis ini memiliki kandungan lanolin dan minyak alami yang sangat tinggi jika di bandingkan dengan jenis sunblock lainnya. Jenis kulit kering sangat membutuhkan kandungan minyak agar kelembapan dan kelembutan kulit terjaga.


Sunblock bentuk gel sangat cocok untuk di gunakan bagi yang memiliki kulit mudah berjerawat karena kandungan minyak dalam sunblock ini lebih ringan jika di bandingkan dengan jenis sunblock lotion. Didalamnya terdapat kandungan alkohol yang mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat.


Sunblock bentuk spray sangat baik untuk alternatif kulit berminyak, kandungan air yang tinggi membuat sunblock ini sangat cocok untuk jenis kulit berminyak. cara menggunakannya juga terbilang gampang yaitu dengan menyemprotkan langsung ke bagian tubuh yang terkena cahaya matahari seperti tangan, wajah dan leher.


Komposisi atau bahan utama pembuatan sunblock sangat perlu diperhatikan karena kegunaan atau fungsi dari sun block itu sendiri bergantung dari komposisi bahan pembuatnya. Ada beberapa bahan yang dapat memicu kanker kulit jika terpapar matahari secara langsung, salah satunya adalah oxybenzone yakni sejenis racun yang terkandung pada penahan paparan sinar matahari.


Lalu apa sajakah bahan yang aman dijadikan komposisi pembuatan sunblock ?? 

Pilihlah sunblock yang berbahan dasar anti oksidan dan  mengandung Zinx Oxide atau Titanium oxide.

Apa itu SPF ??

Sun Protector Factor atau lebih dikenal dengan istilah SPF adalah ukuran untuk menentukan kadar perlindungan terhadap paparan sinar matahari.Dimana nantinya kekuatan perlindungan terhadap kulit bisa diukur melalui tingginya nomor SPF itu sendiri. Cara menentukan intensitas perlindungan SPF ini cukup mudah yakni no SPF dikalikan 10 lalu hasilnya di bagi 60 (ukuran waktu 60 menit atau 1 jam). Jadi jika anda menggunakan sunblock dengan kadar SPF 30 maka perhitungannya 30 dikali 10 lalu hasil dari perkalian tersebut dibagi 60. Jadi bisa disimpulkan bahwa sunblock hanya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dalam waktu 5 jam. Setelah melewati batas waktu itu maka harus membalurkan sunblock kembali.


Apa perbedaan antara sunblock dengan sunscreen ??

Tidak banyak yang mengetahui perbedaan sunscreen dengan sunblock secara umum. Mayoritas masyarakat menganggap suncreen dan sunblock adalah dua produk yang sama karena fungsinya melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Padahal sunblock dengan sunscreen mempunyai kadar intensitas perlindungan yang berbeda dan cara kerja yang berbeda pula. Sunscreen biasanya  mempunyai kadar SPF lebih rendah dibandingkan dengan sunblock dengan fungsinya yang hanya menyaring sinar ultraviolet. Suncreen ini hanya mengurangi radiasi atau paparan sinar UVA yang menyebabkan penuaan kulit.


Bagaimana Cara Membedakan Sunscreen dengan Sunblock?

Sunblock biasanya memiliki kadar SPF lebih tinggi dibandingkan sunscreen. Jika SPF dibawah 15 maka bisa dikatakan bahwa produk itu merupakan sunscreen. 


Lalu apakah diperbolehkan menggunakan sunscreen dengan sunblock secara bersamaan ? 

Menurut fungsinya suncreen melindungi kulit dengan cara menyerap sinar UVA dan UVB sebelum terpapar sinar matahari dalam waktu yang lebih lama.Jadi menggunakan sunsreen dengan sunblock secara bersamaan juga tidak akan membuat penyerapan sinar ultraviolet meningkat drastis.


Kapan Harus Memakai Sunblock ?

Pemakaian sunblock tidak hanya disesuaikan berdasarkan variasi dan jenis kulit saja akan tetapi waktu pemakaian juga perlu diperhatikan guna menunjang efektivitas penggunaan sunblock itu sendiri. 

Berikut cara menentukan waktu pemakaian sunblock :

Sebaiknya sunblock dioleskan secara merata sebelum mengering atau menggumpal sehingga olesan cairan sunblock tidak merata.

Gunakan sunblock 15 – 30 menit sebelum terpapar sinar matahari diluar ruangan. Hal ini dimaksudkan supaya sunblock benar – benar meresap kedalam kulit.

No atau kadar SPF sunblock akan menentukan berapa lama kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Untuk itu sebaiknya setelah masa efektivitas usai, oleskan kembali sunblock di area tubuh yang terbuka.

Demikianlah informasi mengenai sunblock wajah dan manfaat sunblock wajah yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat.

BANG YOS
Load comments