BANG YOS

Benarkah Vaksin Sinovac Memiliki Respon Baik bagi Tubuh?

 Benarkah Vaksin Sinovac Memiliki Respon Baik bagi Tubuh?

 Benarkah Vaksin Sinovac Memiliki Respon Baik bagi Tubuh?

Benarkah Vaksin Sinovac Memiliki Respon Baik bagi Tubuh?

Vaksin Sinovac - Berdasarkan artikel dari sebuah situs, mengatakan bahwa vaksin dari Sinovac ini diklaim mampu memicu respons kekebalan tubuh seseorang yang mengonsumsinya. Namun, vaksin tersebut belum bisa diedarkan di Tanah Air karena masih menunggu tahapan pengujian dan hasil keefektifan dari BPOM.

Mengutip dari artikel tersebut, menyatakan bahwa 1,2 juta dosis vaksin untuk corona buatan Sinovac ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, pada Minggu (6/12) kemarin. Setelah tiba dari bandara, vaksin ini langsung ditindaklanjuti dan dibawa ke kantor pusat Bio Farma di Bandung untuk melakukan pengujian ulang.

Vaksin ini diberi nama dan dikenal sebagai CoronaVac yang mestinya masih disimpan dalam tujuh envirotainer dan diangkut menggunakan tiga truk. Ketika vaksin ini sudah dampai di Bio Farma, vaksin ini langsung disimpan di dalam cool room atau ruang pendingin dengan suhu 2-8 derajat Celsius.

Hadirnya vaksin ini sangat dinanti-nanti oleh seluruh dunia, termasuk Indonesia juga. Dimana vaksin ini nantinya akan didistribusikan ke negara-negara yang membutuhkan, seperti Indonesia saat ini. Namun, kehadiran vaksin ini belum bisa diklaim pasti efektif karena masih proses tahapan yang benar-benar membuahkan hasil baik.

Vaksin Sinovac ini merupakan vaksin pertama yang pada tahapan awal sudah mengklaim 90% terdapat keefektifan. Karena vaksin ini sudah masuk ke dalam fase ketiga, dimana fase ini sudah melewati beberapa tahapan uji klinis kepada ribuan relawan. Dan sampai saat ini masih belum melihat adanya efek samping yang dikeluhkan oleh relawan.

Mengenal apa itu Vaksin Sinovac?

Dilansir dari sebuah artikel, menyatakan bahwa vaksin sinovac atau CoronaVac merupakan vaksin yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Bio farma di China, yakni Sinovac Biotech. Vaksin ini dibuat dengan metode inactivated atau dibuat menggunakan versi yang tidak aktif dari virus corona itu sendiri.

Pada tahapan pengujian pertama dan kedua, vaksin ini diklaim dapat memicu respons kekebalan tubuh dengan cepat. Namun, tingkat antibodi yang dihasilkan oleh tubuh terbilang lebih rendah daripada orang-orang yang baru pulih dari COVID-19. Dari sini membuat vaksin sinovac terus berjalan pada tahap pengujian hingga sekarang memasuki fase ketiga dalam tahapan pengujian.

Akan tetapi, pengujian pertama dan kedua ini memang tidak dirancang untuk menilai seberapa manjur CoronVac terhadap tubuh. Karena pengujian pertama ini bertujuan untuk mengetahui apakah vaksin tersebut dapat benar-benar memberikan perlindungan yang cukup atau tidak.

Menurut salah satu peneliti vaksin tersebut, yakni Zhu Fengcai. CoronaVac ini dapat memicu respons antibodi yang cepat. Zhu Fengcai juga berkata bahwa antibodi dilaporkan dapat keluar dalam kurun waktu empat minggu setelah dua dosis vaksin yang diberikan dalam interval 14 hari.

Dan peneliti juga mengatakan bahwa vaksin ini dapat digunakan dalam kondisi darurat selama pandemic untuk mengatasi sementara waktu.

Dr. Arina Heidyana juga mengatakan bahwa vaksin CoronaVac ini masih perlu diteliti lebih dalam dan lebih baik lagi termasuk keamanannya. Sehingga dari sini dapat disimpulkan bahwa CoronaVac ini masih belum bisa dipergunakan dengan baik apalagi didistribusikan ke seluruh negara.

Jika pendistribusian berjalan, hal itu berarti CoronaVac berhasil melewati uji tes dan keamanannya terbilang baik. Sehingga vaksin ini siap didistribusikan dan dikonsumsi banyak orang. Kabarnya vaksin ini didistribusikan pada bulan Februari-Maret 2021 mendatang, dan Indonesia termasuk negara penerima vaksin tersebut.

Halodoc adalah aplikasi yang menghubungkan praktisi kesehatan, seperti dokter, apotek, dan laboratorium langsung ke tangan pasien. HaloDoc menyediakan fitur konsultasi medis melalui video call (teleconsultation), pembelian obat melalui Apotik Antar (Apotik Berbasis Layanan Online), serta pemeriksaan lab secara on-demand.

 

BANG YOS
Load comments