7 Langkah Mudah Menerapkan Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

7 Langkah Mudah Menerapkan Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Ragam bencana yang datang silih berganti seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan tentu tidak bisa terlepas dari campur tangan manusia. Oleh karena itu, upaya pelestarian lingkungan hidup perlu dilakukan untuk mencegah itu semua.

Mungkin melestarikan lingkungan hidup tidak semudah yang dibayangkan. Butuh kesadaran dan juga kerjasama dari setiap orang untuk turut menjaga lingkungan agar tetap lestari. Walaupun begitu, Anda juga bisa memulainya dari sekarang dengan berbagai langkah mudah.

Langkah Mudah Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Menjaga kelestarian lingkungan hidup bisa dimulai dari diri sendiri. Anda bisa memulai kebiasaan baik dan mengajak orang-orang sekitar untuk ikut melakukannya. Ada banyak hal mudah yang bisa dilakukan untuk mulai menjaga kelestarian lingkungan hidup. Lalu apa saja langkah-langkah kecil yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup? Ini dia ulasannya

1.     Memasang Filter pada Saluran Air

Saluran air di rumah umumnya menghasilkan banyak sekali limbah berbahaya bagi perairan. Untuk mengurangi dampaknya, maka ada baiknya untuk memberikan filter udara pada tiap salurannya sehingga air yang dikeluarkan tidak berbahaya. Selain itu, jangan membiasakan untuk membuang limbah langsung ke saluran air terbuka.

2.     Ikut Komunitas Cinta Lingkungan

Kesadaran untuk melestarikan lingkungan tentu tidak bisa terus konsisten jika hanya dilakukan seorang diri. Agar semakin termotivasi untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup, cobalah untuk mengikuti kegiatan atau komunitas cinta lingkungan yang berada di sekitar daerah Anda. Bersama dengan teman –teman baru Anda tentu akan semakin bersemangat.

3.     Ikut Kegiatan Ekowisata

Ekowisata merupakan kegiatan wisata yang lebih menekankan kepada wisata alam lokal di suatu daerah. Ekowisata umumnya akan memperkenalkan ragam wisata daerah seperti kekayaan alam lokal. Ketika mengikuti kegiatan ini, maka secara tidak langsung Anda turut aktif menjaga kekayaan alam yang terdapat didalamnya.

4.     Membuat Sistem Terasering untuk Persawahan

Sistem terasering merupakan sistem persawahan yang banyak diterapkan di kaki bukit atau daerah yang memiliki kemiringan tinggi. Membuat lahan persawahan dengan sistem terasering tentu dapat mencegah terjadinya tanah longsor yang dapat membahayakan manusia dan merusak alam. Selain itu, lapisan tanah subur juga tidak akan terbawa erosi.

5.     Menanam Tanaman Kembali

Melakukan penanaman atau peremajaan tanaman kembali penting dilakukan untuk menjaga agar pekarangan atau lahan selalu hijau. Jika tanaman di lahan pekarangan atau pot telah mati dan mengering, segera ganti dengan tanaman baru. Jadi reboisasi tidak hanya dilakukan di hutan, Anda juga bisa mulai melakukannya di pekarangan sekitar rumah.

6.     Menghemat Penggunaan Bensin

Bensin merupakan salah satu sumber daya alam terbatas namun hingga kini masih banyak digunakan. Untuk mengurangi kelangkaan sumber daya alam ini, Anda bisa mulai menghemat penggunaan bahan bakar yang satu ini. Salah satu caranya yaitu dengan lebih sering menggunakan angkutan umum dibandingkan kendaraan pribadi/

7.     Tidak Membuang Sampah ke Laut

Laut merupakan salah satu ekosistem terbesar di bumi. Di dalamnya hidup jutaan bahkan milyaran makhluk hidup. Sayangnya hingga kini, masih banyak manusia yang gemar membuang sampah langsung ke laut. Agar biota laut dapat hidup dengan baik, mulailah untuk menjaganya dengan tidak membuang sampah langsung ke lautan.

Seperti halnya Anda yang turut andil melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup, Nestle sebagai salah satu perusahaan multinasional juga turut andil menjaga standar kualitas aktivitas produksi untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup hingga jangka panjang. Salah satunya yaitu dengan penggunaan generator uap dan gabungan yang dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak bumi mencapai 24%.