Kandungan Penting Yang Harus Ada di Susu Penambah Berat Badan Untuk Anak

Kandungan Penting Yang Harus Ada di Susu Penambah Berat Badan Untuk Anak

Susu penambah berat badan untuk anak menjadi belanjaan wajib orang tua tiap bulannya. Banyak yang percaya susu tersebut membuat anak menjadi lebih gemuk, sehat dan kuat dibanding jika tidak mengkonsumsinya.

Namun, tidak semua anak membutuhkan susu tersebut. Pasalnya beberapa anak malah bisa berkembang dengan baik tanpa susu. Ya namanya juga orang tua, selalu ingin memberi yang terbaik kepada anaknya.

Oleh karena itu, orang tua tetap bersikukuh memberi susu agar berat badan anak menjadi ideal. Ada beberapa kandungan penting susu penambah berat badan yang perlu Bunda perhatian. Berikut beberapa kandungannya :

1. Protein

Susu penambah berat badan anak yang Bunda pilih harus mengandung protein tinggi. Protein mempengaruhi pertumbuhan dan juga kekuatan pada otot anak.

Hal tersebut pernah disampaikan di penelitian yang telah diterbitkan oleh Journal of the International Society of Sports Nutrition.

Di mana penelitian tersebut menyebutkan jika konsumsi protein sangat bagus untuk meningkatkan massa pada otot.

Setelah massa otot meningkat, otomatis massa tubuh juga ikut terkerek naik. Massa tubuh yang tumbuh tersebutlah yang membuat badan menjadi bertambah berat.

2. Karbohidrat

Karbohidrat yang terkandung pada susu penambah berat badan juga menyediakan tambahan kalori di setiap asupan gizi harian yang dibutuhkan anak.

Jika kalori harian meningkat, berat badan juga bertambah. Kalori merupakan jumlah energi yang telah dilepaskan tubuh ketika mencerna dan juga menyerap makanan.

Jika kalori yang dikonsumsi tubuh setiap hari sangat banyak, membuat energi di dalam tubuh juga bertambah.

Jika kalori yang disimpan di tubuh melimpah atau tersisa, sisa kalori tersebut disimpan dalam tubuh berupa lemak. Otomatis juga akan meningkatkan massa tubuh.

3. Omega 6

Bahan ini kerap ada di susu penambah berat badan untuk anak. Umumnya, kandungan ini hanya ditemukan di produk susu Arachidonic acid (AA) yang banyak ditemui di produk pasaran.

Penelitian dari Multidisciplinary Digital Publishing Institute Nutrients menunjukkan, jika asam omega-6 susu penambah berat badan anak akan meningkatkan massa lemak sehat pada tubuh anak.

Riset tersebut memaparkan kandungan omega-6 pada darah yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan berat badan pada anak.

Agar kebutuhan harian omega-6 pada anak dapat terpenuhi, Kementerian Kesehatan mematok asupan omega-6 untuk usia 1 hingga 12 tahun sebanyak 7 sampai 12 gram setiap harinya.

4. Kalsium dan vitamin D

Kalsium menjadi mineral penting untuk menyusun tulang. Tak hanya itu, kalsium sangat penting untuk mempertahankan kekuatan tulang pada anak.

Kalsium akan bekerja optimal jika kadar vitamin D di dalam tubuh terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, vitamin D menjadi bahan penting yang harus ada pada susu penambah berat badan anak.

Memberi susu penambah berat badan untuk anak amat penting agar berat badan anak menjadi ideal. Tapi jangan lupa memastikan anak rajin olahraga dan konsumsi makanan anak seimbang.